Pasang Iklan Murah
Powered by Blogger.

cara Mengedit Template Blogspot

Posted by Adhe Prayudha

CARA EDIT TEMPLATE BLOG - Tutorial cara mengedit template blogspot tampilan baru dengan mudah pada menu Edit HTML blogger. Untuk bisa memaksimalkan tampilan blog sesuai dengan apa yang kita harapkan, mengedit template blog ini adalah suatu keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang blogger. Minimalnya tau bagaimana cara mengganti template dari tampilan default ke template yang dia dapat dari hasil download di internet.

HTML 5
HTML 5
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGEDIT BLOG
Sebelum mengedit template blogspot, ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan agar kita mendapatkan hasil yang maksimal, antaralain sebagai berikut :

#1 Mengetahui Tag HTML
Seorang blogger harus memiliki kemampuan dasar pengetahuan tentang tag-tag HTML. Ada beberapa tag HTML yang penting dan paling sering digunakan pada script blogger yaitu cara memasang link, cara memasang gambar dari url, cara mengedit menu list, cara mengedit div, sampai pada tingkat advance yaitu mengetahui tag-tag conditional yang khusus digunakan dalam script blogger.
Kalo memang sang blogger tersebut tidak mengetahui sama sekali tentang HTML, ikutilah cara-cara atau tutorial cara pemasangannya dan tutorial cara menambah widget yang ingin diganti sesuai dengan tulisan yang sudah ada. Minimal tau dimana letak pemasangannya.

#2 Mengetahui CSS
CSS adalah bagian dari template blogger yang berfungsi untuk mengatur tampilan fisik blog mulai dari warna dan text tulisan, background, sampai dengan tampilan animasi yang ada pada blog tersebut. Biasanya kode ini diawali dengan tanda titik (.) untuk class dan tanda pagar (#) untuk id, setelah itu kode untuk mengatur tampilan yang diapit oleh tanda kurung kurawal { } atau juga bisa dengan kode <style type='text/css'> dan diakhiri dengan </style>.

#3 Terus Mencoba (Try And Error)
Tak jarang banyak dijumpai ada beberapa kawan blogger yang setelah membaca tutorial cara mengedit/menambah widget tertentu kemudian langsung mencobanya dan berharap hasilnya langsung perfect sesuai dengan apa yang ada di tutorial tersebut. Lalu bagaimana kalo tampilannya tidak sesuai atau bahkan membuat template jadi ngeblank? Hal ini sudah merupakan hal yang biasa, yang penting kita sudah terlebih dahulu membackup template yang kita punya. Jangan putus asa dan coba terus sampai bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Jadikan ini sebagai proses untuk belajar sesuatu yang baru.

ALAT-ALAT UNTUK MENGEDIT TEMPLATE BLOGSPOT
Hal-hal diatas merupakan modal keahlian awal untuk mengedit blog, sedangkan untuk alat-alat yang digunakan untuk mengedit blog adalah sebagai berikut:

#1 Google Chrome
Menurut saya google chrome adalah browser yang multifungsi, disamping digunakan sebagai alat browsing yang memiliki kecepatan loading yang lumayan cepat chrome bisa digunakan untuk membantu dalam proses pengeditan blog. Fitur adalan yang sering saya gunakan adalah Inspect Element, dengan menggunakan ini sobat bisa mengetahui kode html dan css blog manapun dan jenis apapun. Yang penting masih bisa menggunakan klik kanan, sobat juga bisa menggunakan View page Source atau ctrl+u untuk melihat kode html sebuah secara keseluruhan.
google chrome
google chrome
#2 Notepad/Wordpad
Alat ini biasa saya gunakan untuk mentransit kode-kode html atau css ke edit template blog. Kode tersebut tidak serta-merta langsung saya pasang akan tetapi saya cek terlebih dahulu di notepad atau wordpad. Kalo sudah fix langsung saya masukan ke blog dan menyimpannya dalam file .txt sebagai cadangan kalo nantinya sewaktu-waktu akan digunakan kembali. Perbedaan fitur notepad dengan wordpad hanya terletak pada hasil tampilannya ketika sobat memenui kode yang bertumpuk dan tidak ada jarak spasi atau enter, maka sobat dianjurkan untuk menggunakan wordpad.
notepad
notepad
Nah setelah kita mengetahui dasar-dasar dan alat untuk mengedit blog, hal selanjutnya yang perlu kita pelajari adalah fitur edit template dari tampilan Edit HTML blogspot yang baru. Entah sejak kapan blogspot sudah mulai mengubah tampilan ini, yang pasti dengan perubahan ini ada beberapa fitur baru yang ditambahkan. Sebagian blogger terutama yang masih dalam tahap belajar banyak yang kurang familier dengan perubahan ini dan kurang bisa memaksimalkan fitur-fitur baru yang ada. Padalah dengan perubahan tampilan edit html ini menurut saya justru bisa jadi semakin mudah ketika edit-edit template.

TIPS CARA MENGEDIT TEMPLATE BLOGSPOT
1. Sebelum sobat mulai mengedit template alangkah baiknya untuk membuat backup dari template tersebut. Ini bertujuan untuk menjaga-jaga kalo dalam proses pengeditan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
backup template blogspot
backup template blogspot
2.  Setelah sobat memilih menu Edit HTML maka akan ada tampilan edit template baru sebagai berikut
tampilan edit html baru
tampilan edit html baru
 Ada beberapa menu baru dalam tampilan ini yaitu sebagai berikut :
- back : kembali ke menu utama edit template
- save template : menyimpan perubahan pengeditan template
- jump to widget :  menu shortcut untuk melihat kode html widget
- preview template : menampilkan preview dari template yang sudah diedit
- format template : mengembalikan template ke tampilan paling awal
- revert changes : meng-undo setiap pengeditan template apabila ada kesalahan dalam pengeditan
- revert widget template to default : mengubah widget blog ke tampilan default

3. Dalam tampilan baru tersebut juga terdapat fitur seperti tag pre untuk mengetahui nomor dimana letak kode html ditulis. Disamping itu sobat akan menemui sebuah tanda segitiga atau tanda panah yang berfungsi untuk expand kode widget. Sobat bisa langsung memilik kode widget yang akan diedit dengan menggunakan menu jump to widget di atas.

4. Untuk mencari/search kode tertentu sobat bisa menggunakan crtl+f pada keyboard. Tapi posisi kursor (garis tegak kedip-kedip) harus terlebih dahulu diletakan dalam form pengeditan, setelah itu ketikan kata yang akan dicari pada kotak pencarian di sebelah kanan atas lalu tekan enter. Kode yang dicari akan langsung terlihat di blok dengan warna kuning. Apabila kata yang dicari tidak ada, maka ini akan menyebabkan penambahan kode enter pada kode html tersebut, jadi letakanlah kursor pada posisi yang aman agar efek enter ini tidak merusak template.
menu search edit template
menu search edit template
5. Di form pengeditan template tersebut juga ada beberapa warna seperti merah, merah tua, hijau, biru, biru muda yang berfungsi untuk membedakan antara tag, string, comment info dll. Apabila sobat mendapati ada beberapa kode tag html yang berwarna merah seperti pada gambar dibawah ini berarti ada kesalahan dalam penulisannya. Sobat bisa membetulkannya dengan mencari tempat perbedaan dimana text tesebut mulai berubah menjadi warna merah.
error edit html blogspot
error edit html blogspot
Demikian tutorial CARA EDIT TEMPLATE BLOG tampilan baru semoga bisa berguna apabila sobat berniat untuk mengubah tampilan blog bisa dilihat beberapa tutorial css dan tutorial blogspot yang ada di blog ini. Salam blogger dan Semoga sukses.

Related Post



Post a Comment